Penyakit Psoriasis

psoriasis-duaArtikel ini diambil dari berbagai sumber, sekedar berbagi informasi, dengan demikian kita bisa menyikapinya dengan bijak, dan menyebarkan informasi ini, siapa tahu ada saudara, teman atau tetangga kita ada yang terkena psoriasis.

Saat ini sudah terbentuk komunitas Yayasan Peduli Psoriasis Indonesia (YPPI) atas dukungan pasien/penderita psoriasis dibantu oleh beberapa dokter serta masyarakat yang peduli dengan penyakit kronis psoriasis di Indonesia.

Psoriasis merupakan penyakit menahun dan bersifat kambuhan. Penyakit ini bisa terjadi pada usia remaja maupun dewasa. Ditandai dengan adanya benjolan bersisik berwarna keperakan dan sejumlah plak (bercak yang menonjol) dengan ukuran bervariasi. Psoriasis sering ditemukan pada usia 15-40 tahun, namun pada umumnya ditemukan pada pasien usia 40 tahunan.

Penyebab Timbulnya Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit keturunan dan tampaknya berhubungan dengan sistem kekebalan dan respon peradangan. Psoriasis tidak menular karena jenis penyakit ini tidak disebabkan oleh virus melainkan faktor genetik dan gangguan autoimun, yang tampak di permukaan kulit dengan warna kemerahan dan bersisik. Sering ditemukan di batang tubuh, lutut, siku, kulit kepala, lipatan kulit atau kuku jari tangan, atau bisa juga menyerang ke seluruh bagian tubuh.

Dalam keadaan normal, pergantian kulit memerlukan waktu sekitar 1 bulan, namun pada penderita Psoriasis, proses pergantian kulit berlangsung cepat, sehingga terjadi penimbunan sel-sel kulit mati dan membentuk sisik tebal.

Secara klinis penyakit ini tidak mengancam jiwa dan tidak menular. Sampai saat ini penyakit Psoriasis belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun berdasarkan penelitian para dokter, ada beberapa faktor pencetus seperti:

  • Trauma fisik akibat gesekan atau garukan yang terlalu kuat dan berulang-ulang. Bila Psoriasis sudah muncul dan kemudian digaruk maka akan mengakibatkan kulit bertambah tebal.
  • Iritasi kulit atau cedera (luka bakar, gigitan serangga, luka sayat, ruam).
  • Pemakaian obat-obatan yang memicu timbulnya psoriasis seperti glukokortikoid, lithium, obat anti malaria, dan b-blocker (beta-bloker) misalnya propanolol dan metoprolol.
  • Sedang mengalami infeksi saluran pernafasan bagian atas yang keluhannya berupa deman, nyeri ketika menelan, batuk dan beberapa infeksi lainnya.
  • Dalam kondisi stres.
  • Makanan berkalori tinggi yang menyebabkan badan terasa panas dan menjadikan kulit memerah, seperti makanan yang mengandung alkohol.

Gejala yang ditimbulkan

  • Pada awalnya timbul bintik merah, yang makin lama makin melebar.
  • Tertutup lapisan berwarna keperakan pada kulit.
  • Terjadi penebalan kulit pada luka akibat percepatan pergantian kulit, disertai bercak menonjol dengan pinggiran memerah.
  • Tumbuh sisik lebar putih berlapis-lapis. Jika pecah menimbulkan rasa nyeri.
  • Jika terkena infeksi, diikuti rasa gatal, perih hingga perdarahan pada kulit yang luka.
  • Bercak timbul secara terpisah satu sama lain.
  • Biasanya ditemukan di sekitar lutut, siku, batang tubuh, kulit kepala dan kuku. Daerah lain bisa juga terkena seperti sekitar alis mata, ketiak, pusar dan selangkangan.

badanJika kulit pecah-pecah, merah dan meradang, bisa disertai dengan pembentukan pustula (bisul kecil).

Bercak akan menghilang dengan sendirinya. Beberapa bercak berukuran seluas kuku ibu jari, sedangkan bercak lain bisa tumbuh hingga menutupi daerah tubuh lebih luas, kadang membentuk pola spiral atau cincin. Psoriasis yang terjadi di sekeliling dan di bawah kuku, menyebabkan kuku tampak tebal dan bentuknya berubah. Psoriasis jarang menyebabkan gatal-gatal.

Pada beberapa jenis Psoriasis, komplikasi yang diakibatkan dapat menjadi serius, seperti pada Psoriasis artropi yaitu Psoriasis dimana penderita merasakan nyeri pada persendiannya, psoriasis bernanah (Psoriasis Postulosa) jenis psoriasis ini sangat serius seperti halnya luka bakar, pustula (jerawat berisi nanah) yang berukuran besar dan kecil bisa timbul di tangan dan telapak kaki. Kadang pustula ini menyebar ke seluruh tubuh, kelainan ini menyebabkan kulit tidak dapat berfungsi dengan baik sebagai pelindung terhadap cedera dan infeksi, dan terakhir seluruh kulit akan menjadi merah disertai badan menggigil (eritoderma).

Diagnosa

Pola pembentukan sisik yang khas dari psoriasis biasanya dengan mudah dikenali, sehingga tidak diperlukan diagnostik khusus. Untuk memperkuat diagnosis bisa dilakukan biopsi kulit. Jika disertai nyeri sendi dan sifatnya menetap, maka diperlukan pemeriksaan rontgen.

Pengobatan

Pengobatan Psoriasis biasanya dilakukan dengan salep (topical), obat telan (sistemik) maupun dengan penyinaran menggunakan sinar UVB. Namun berhubung biaya yang cukup besar, pengobatan melalui penyinaran UVB hanya ada di rumah sakit tertentu saja. Baik pengobatan salep maupun penyinaran hanya membantu meredam penyakit tersebut dan tidak menyembuhkan sama sekali, sehingga sewaktu-waktu penyakit ini dapat timbul kembali.

Untuk menjaga kelembaban kulit bisa digunakan cream pelembab agar kulit tidak kering. Bisa digunakan Luminesce Serum. Luminesce Serum dengan Teknologi Adult Stem Cells berisi lebih 200+ kunci faktor pertumbuhan manusia (Growth Factors) yang mampu memperbaiki masalah kulit secara lebih alami karena kesamaan sel-sel yang terkandung di dalamnya sehingga dapat me-regenerasi sel-sel kulit lebih cepat dan kulit menjadi sehat seperti semula.

Caranya dengan mengoleskan di daerah sekitar luka yang terkena Psoriaris.

Luminesce Serum, tidak hanya sekedar mempercantik wajah, ”growth factors” yang terkandung di dalamnya mempunyai manfaat luas sehingga dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak akibat luka, penyakit kulit psoriasis, luka akibat diabetes, luka bakar dll.

Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, disarankan mengkonsumsi Reserve. Reserve Produk Jeunesse Global merupakan suplemen antioksidan, memiliki kombinasi unik, sebagai antioksidan Reserve mampu melawan peradangan sel, stres oksidatif serta meregenerasi dan mengatasi kerusakan sel-sel tubuh. Dibandingkan dengan produk encapsulated (produk berbentuk kapsul), Reserve sangat efektif, karena berbentuk “Gel” sehingga jauh lebih mudah dicerna dan diserap masuk ke dalam sel-sel tubuh. Dengan demikian, kulit tetap lembab, dan yang terpenting, Reserve membantu proses penyembuhan lebh cepat.

Demikian, semoga bermanfaat…
(sumber: medicastore.com/wikipedia dan sumber lainnya)

 

Incoming search terms:

Posted in Health and Beauty, Luminesce, Reserve and tagged , , , , .