BPOM Bandung sita 116 Jenis Kosmetik Ilegal

2013 IMAGE Balai POM Bandung sita 164 kosmetik IlegalWow !… mengejutkan, ternyata beberapa jenis kosmetik di Bandung kena cekal. Apakah salah satunya produk yang Anda pakai? atau yang sedang Anda jual?

Nah… jika kita tidak berhati-hati, mudah terbuai bujuk rayu karena diiming-imingi bonus besar atau dijanjikan akan menjadi orang nomor satu, tanpa melihat apakah produk ini aman, halal, legal, maka sudah tentu kita yang akan rugi. Dan yang memprihatinkan, hal ini bukan terjadi pada orang yang baru belajar bisnis, malah mereka yang sudah terbiasa berbisnis. Masalahnya cuma satu, mereka sudah “protect” duluan, kurang terbuka menerima masukan, arahan, ide-ide baru dengan produk yang revolusioner, atau… bahkan merasa gengsi untuk menjadi bagian dari salah satu team yang menawarkan produk berkualitas yang sudah teruji keamanan dan kehalalannya…

Ok Temans, itu prolog saja, nah ini berita sesungguhnya BPOM Bandung sita 116 Kosmetik Ilegal.

BandungBalai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandung mengungkap penjualan produk kosmetik ilegal atau tidak memiliki izin edar. Barang bukti seratusan jenis kosmetik beragam merek senilai Rp 300 juta itu, disita dari klinik perawatan kulit di wilayah Bandung Selatan.

“Produk kosmetik yang disita ada 116 jenis atau jumlahnya mencapai lebih 500 pieces. Jadi semua kosmetik ilegal ini disita di satu tempat saja,” kata Kepala BPOM RI Lucky Surjadi Slamet saat jumpa pers di kantor BBPOM Bandung, Jalan Djunjunan (Pasteur), Senin (22/4/2013).

Lucky mengapresiasi BBPOM Bandung yang berhasil menemukan produk kosmetik ilegal yang dijual bebas di tempat tak semestinya. Seluruh kosmetik itu buatan impor atau berasal dari sejumlah negara seperti Amerika, Spanyol, Korea, Jerman dan Jepang.

“Produk kosmetik tidak memiliki izin edar. Lalu kosmetik yang disita ini mengandung obat dan cara pakainya secara injeksi,” ucap wanita berkacamata ini.

Lebih lanjut ia menuturkan, secara umum komposisi kosmetik tidak boleh mengandung bahan obat seperti vitamin c, progesteron, testoteron, essen c, serta tationil 600, dan penggunaannya dilarang injeksi atau disuntik. “Jadi produk kosmetik ilegal ini tidak sepatutnya untuk perawatan kulit,” papar Lucky.

Meski sudah dipastikan kategori berbahaya, Lucky memerintahkan BBPOM Bandung mendeksi mendalam atau uji lab kosmetik-kosmetik sitaan. “Selanjutnya, kami mencari apakah kosmetik ilegal ini menggunakan bahan pemutih atau mercury,” jelas Lucky.

Kepala BBPOM Bandung Supriyanto Utomo mengatakan terungkapnya penyimpanan obat dan kosmetik ilegal salah satu klinik kecantikan itu berawal dari laporan masyarakat serta hasil pengembangan operasi antara pihaknya dengan Dinkes Kota Bandung. Selanjutnya, kata Supriyanto, melaksanakan investigasi bersama petugas Ditkrimsus Polda Jabar.

“Jumat lalu, kami bergerak dengan polisi. Hasilnya ditemukan 116 item kosmetik tanpa izin edar. Artinya, mutu produk-produk kosmetik itu belum dievaluasi BPOM,” ujar Supriyanto di tempat sama.

Kosmetik berbagai kemasan itu antara lain berupa krim, cairan, dan sabun. “Ada salah satu krim dijual seharga 800 ribu rupiah,” ungkap Supriyanto.

Barang bukti kosmetik ilegal yang disita antara lain: Serum Gold, Firming Amp, Open Pore, Soin Mandarin, Oxy Derma, Dermaclar, Dermeso, Inno, Puremed, Omeo Formula, Mesologica, Kojic Acid, Puremed, Blue Peel, SPF, WR, ACTC, VA, Purifiying, Grape, Lidocain, 3D Slim, Pear Instant, Pro Natural. (Sumber: http://news.detik.com/read/2013/04/22/172355/2227302/486/bbpom-bandung-sita-116-jenis-kosmetik-ilegal)

Untuk itu temans…. Jika ragu membeli produk apakah aman atau tidak, saran saya, beli yang sudah pasti saja Luminesce Serum, dijamin AMAN dan HALAL produk ini keluaran Jeunesse Global.

Untuk berbisnispun Anda tenang, perijinan sudah lengkap, mempunyai “pasar” yang sudah jelas, permintaan produk & repeat order sangat konstan, ini membuktikan bahwa produk Jeunesse Global memang luar biasa!

Semoga bermanfaat… dan semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua….

Nantikan berita selanjutnya – 17 jenis produk kosmetik berbahaya…

Incoming search terms:

Posted in Health and Beauty and tagged , .